We Work Year - Round to minimize your business burden
Kami bekerja sepanjang tahun untuk meminimalisir kegagalan bisnis Anda
Managed Operation Service/Managed Operation (MOS/MO)
adalah suatu layanan pengelolaan operasional perusahaan (klien) oleh konsultan (penyedia jasa) berupa pemenuhan seluruh atau sebagian fungsi kerja dalam rangka membantu kelancaran operasional bisnis klien. Pemenuhan kebutuhan ini dapat melingkupi aspek teknis atau non teknis sesuai dengan Scope of Work yang diberikan dan tertuang dalam kesepakatan kerja."
Kami memahami, bahwa perkembangan teknologi industri begitu pesat dan terus berkembang. Setiap saat dibutuhkan penyesuaian dan pembaharuan teknologi sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Sedangkan hal tersebut harus dibarengi dengan peningkatan sumber daya yang ada. Tentu hal tersebut akan sangat merepotkan bagi mereka yang tidak siap bersaing dalam pesatnya kemajuan usaha di jaman ini. Selain sulitnya mempersiapkan sumber daya yang ada, juga hal tersebut akan menimbulkan biaya yang tidak sedikit.

Managed Operation Services adalah solusi bisnis terkini yang sedang kami kembangkan untuk memberikan Full Services Business Solution dalam rangka meningkatkan pelayanan kami secara excellence, professional dan komprehensif (menyeluruh/global) demi kelancaran kegiatan operasional bisnis perusahaan/institusi/lembaga sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem dan more valuable kearah yang lebih baik menuju tujuan dan cita – cita perusahaan.
Dengan hadirnya Layanan Kemitraan Operasional (Managed Operation Service/MOS) merupakan angin segar bagi para pelaku usaha. Karena dengan layanan MOS, beban perusahaan dalam mempersiapkan sumber daya akan teratasi dengan baik, bahkan dengan biaya yang jauh lebih murah dan terjangkau. Setidaknya, perusahaan seperti memiliki asisten ahli dalam bidangnya untuk menunjang operasional harian selama 24/7. Dan pada akhirnya, perusahaan dapat lebih fokus untuk menjalani bisnis dan mengejar target pencapaian visi dan misi.
Delivery Benefits
Kontrol Anggaran
Perusahaan sudah dapat memastikan biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan IT, dikarenakan biaya bulanan sudah dapat diprediksi dengan tepat.
Tingkatkan Produktifitas
Mengoptimalkan fungsi – fungsi bidang terkait agar dapat bersinergi satu dengan lainnya demi mempertahankan kualitas dan peningkatan kinerja semua elemen dengan dukungan solusi teknologi informasi yang disediakan
Fokus Berbisnis
Manajemen dapat lebih Fokus dalam menjalani roda usaha, karena ranah teknis dikelola secara kemitraan oleh Konsultan
Dukungan Teknis 24 Jam
Memberikan jaminan kelancaran operasional sistem beserta elemen terkait lainnya sepanjang waktu
Solusi Komprehensif
Penyediaan dan pengembangan aplikasi terintegrasi beserta laporan data analisis sesuai kebutuhan dalam pertumbuhan dan perkembangan bisnis yang dinamis
Peduli Aspek Bisnis
Siap membantu Manajemen dalam pengelolaan bisnis yang proper dibidang : sistem audit, perapihan dan penyusunan SOP, pengelolaan SDM, pelaporan pajak, pencatatan pembukuan yang akuntabel dan akurat
Mechanism
Escalation Hierarky
Implementasi MOS memiliki mekanisme tersendiri didalam pengelolaannya. Berikut adalah Hierarki Eskalasi dalam penanganan MOS yaitu sebagai berikut :
- HelpDesk – L1 Support HD/L1 (dibaca : eL One), adalah Layer pertama yang akan bersentuhan langsung dengan penggunaan aplikasi terhadap end user. Peranan L1 sangat dibutuhkan dalam kegiatan operational system dikarenakan sebagai ujung tombak dalam membantu/membimbing end user untuk mengetahui berbagai fitur aplikasi dan cara penerapannya
- Technical Specialist – L2 Developer L2 adalah Layer Kedua yang akan menangani permasalahan yang tidak dapat dijalankan oleh tim L1, dikarena keterbatasan Skills dan berbeda Scope. Tim L2 bekerja lebih kearah Teknis untuk melakukan Problem Solving terhadap solusi teknis dan melakukan Enhancement (perubahan atau pun pengembangan fitur aplikasi) yang mengalami failure, atau inovasi baru terhadap fitur – fitur aplikasi yang telah ada
- Advisor Advisor, adalah Layer Ketiga yang akan melakukan penanganan masalah yang tidak dapat dilakukan oleh layer – layer sebelumnya, baik mengenai aspek teknis atau pun aspek bisnis
- Principle Principle, adalah Layer Tertinggi yang akan melakukan Problem Solving terhadap permasalahan yang terjadi dan tidak dapat terselesaikan oleh semua layer sebelumnya. Umumnya, Principle akan menangani permasalahan yang bersifat sangat Strategis dan Emergency
The Results
Dengan menggunakan mekanisme “Layer”, maka kegiatan support operasional bisnis sangat terarah dan jauh lebih efektif sehingga semua elemen akan mendapatkan manfaat diantaranya sebagai berikut :
- Terstrukturnya eskalasi penanganan solusi
- Tidak membuang waktu sia – sia karena setiap case yang terjadi sudah tersedia PIC Support-nya
- Pengontrolan yang baik atas kinerja system baik secara modular atau pun secara komprehensif
- Menghindari over time dan over load permasalahan yang berlarut - larut
- Menjamin kelancaran operasional aplikasi terhadap semua elemen agar dengan tenang menggunakan aplikasi
DELIVERABLES
Aktifitas Supporting, Control & Monitoring terhadap pelaksanaan MOS dilakukan secara rutin selama periode kemitraan berlangsung dengan tahapan pekerjaan yaitu : Support Daily Activities, Preventive Maintenance, Submit Monthly Reports, Evaluation & Improvement
Support Daily Activities
adalah suatu kegiatan rutin harian yang dilakukan untuk memastikan kelancaran jalannya aplikasi berdasarkan scope dan waktu kerja
Jika support dilakukan secara 8/5, artinya selama 8 jam sehari selama 5 hari kerja, atau menggunakan pola 24/7, yang berarti support akan dilakukan selama 24 hari fullday (3 shift layer) selama 7 hari (termasuk Sabtu dan Minggu).
Preventive Maintenance
adalah suatu kegiatan rutin bulanan yang dilakukan untuk memastikan Performa aplikasi dan validitas data dengan melakukan Tuning, dan Backup Data secara periodic
Selain Preventive Maintenance, kami pun melakukan kegiatan Corrective Maintenance untuk setiap Case yang terjadi, dan memastikan sesuatunya kembali berjalan normal untuk jangka waktu yang panjang. Contoh kegiatan ini seperti : Bug Fixed, Redevelopment, Compact & Repair.
Monthly Reports
adalah suatu kegiatan rutin bulanan/secara periodik untuk melaporkan semua/seluruh aktifitas dibulan tersebut baik mengenai permasalahan – permasalahan yang terjadi, atau pun termasuk ritme performance aplikasi dan infrastruktur penunjang didalamnya agar menjadi bahan untuk evaluasi dan perbaikan kedepannya
Selain kegiatan Monthly Reports, kami pun melakukan kegiatan Periodicaly Reports seperti Quarters, Semester dan atau pun Annual Reports sebagai dasar evaluasi dan perbaikan/penyempurnaan berbagai aspek untuk tahun berikutnya. Hasil dari kegiatan ini dapat memberikan akurasi data yang proper bagi Manajemen dalam menentukan sikap dan mengambil keputusan strategis.
Evaluation & Improvement
adalah kegiatan yang dilakukan antara user dengan konsultan untuk bersama melakukan Review terhadap seluruh aktifitas, problematika, perencanaan pengembangan ke masa yang akan datang agar ritme pekerjaan tetap bisa terjaga baik waktu, atau pun kualitasnya
Dengan melakukan Review dan Improvement, maka kegiatan Bisnis dengan dukungan kerjasama Managed Operation Services (MOS) menjadi sangat dinamis dan stabil seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bisnis pada era teknologi industri.
HERE TO HELP YOU
ORGANIZE, PREPARE & ANALYZE
YOUR BUSINESS
Implementasi MOS adalah jawaban bagi sektor industri dan perdagangan dalam rangka berkompetisi dan fokus pada pengembangan usaha sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan teknologi industri. Dengan implementasi MOS, para pelaku usaha dapat lebih fokus dalam mengembangkan usaha dan tidak perlu lagi ada kekhawatiran dalam hal teknis operasional, karena hal tersebut sudah ditangani konsultan sebagai mitra bisnis dengan memfasilitasi berbagai aplikasi beserta infrastrukturnya dengan menyiasati tren teknologi terkini.
